Survey Geofisika (Ground dan Airborne) : Geolistrik, GPR, Geomagnet

A. Survei Geofisika

Menurut Wikipedia geofisika merupakan bagian dari ilmu bumi yang mempelajari bumi menggunakan prinsip-prinsip atau kaidah fisika. Untuk kegiatan eksplorasi metode geofisika sangat membantu dalam menginterpretasi keadaan bawah permukaan bumi. Survey geofisika ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti mencari cebakan mineral, batubara, minyak dan gas, underground survey untuk mencari pipa-kabel-atau objek lainnya yang terkubur dan analisis keadaan geologi bawah permukaan. Ada beberapa metode survei geofisika yang biasa kami kerjakan yaitu :

1. Geolistrik

Survey lapisan bawah tanah menggunakan metode geoelektrik, berdasarkan pengukuran kelistrikan batu. Metode ini sangat baik digunakan untuk mencari cebakan mineral, seperti biji besi, mangan, bauksit, nikel, pasir dan juga untuk pencarian air bawah tanah.

Geophysical-Geoelectric-survey-process

Proses Survey Geoelektrik

Geophysical-Section-geoeletric-line

Penampang lintasan pengukuran geolistrik

Geophysical-Mode-ORE

Hasil pemodelan 3D mineral berdasarkan data pengukuran geolistrik

2. Geomagnetik 

Survey untuk mengetahui lapisan bawah permukaan bumi menggunakan metode magnetik, dasarnya adalah mengukur kemagnetan batuan. Sangat cocok digunakan untuk mencari cebakan mineral yang mengandung kandungan besi (Fe) atau base metal, misalnya bijih besi dan mangan.

Geophysical-Anomaly-geomagnetic-map

Peta Anomaly Geomagnetik

3. Geo Penetrating Radar (GPR)-GeoRadar

Survey Geofisika yang menggunakan gelombang radar untuk mengetahui adanya objek atau benda yang terkubur di bawah permukaan. Survei ini sangat cocok untuk mendeteksi pipa, kabel, konstruksi atau objek lainnya yang terkubur. Kedalaman yang bisa dicapai oleh metode ini adalah 7 meter dibawah permukaan tanah.

GPR Survey

GPR Survey

2. Airborne Survey

Airborne Survey merupakan survey geofisika dimana pengambilan datanya diambil menggunakan pesawat terbang atau helikopter. Survei ini sangat cocok dilakukan untuk daerah yang luas dan bersifat regional. Data yang diambil dalam pekerjaan airborne yang pernah kami lakukan adalah data magnetik dan radiometrik. Survei ini biasanya untuk melihat potensi mineral yang ada seperti biji besi, bauksit, nikel, emas dan mineral lainnya. Namun survei ini juga bisa dilakukan untuk pencarian komoditas lainnya seperti batubara, minyak dan gas bumi.

Helicopter for Airborne Surey

Helicopter for Airborne Surey

Equipment Instalation

Equipment Instalation

Product of Geophysics Airborne

Product of Geophysics Airborne